Penting! Kedalaman Pondasi Rumah 3 Lantai & Cara Ukurnya

Penting! Kedalaman Pondasi Rumah 3 Lantai & Cara Ukurnya

Penulis | Listiyo Nuraini

18 December 2023

Pondasi rumah 3 lantai mempunyai struktur yang lebih kuat dibandingkan dengan rumah 1 lantai. Letak pondasi rumah berada di dasar suatu bangunan.

Dalam pembuatan pondasi ini, Anda pasti sudah tahu hendak mendesain rumah seperti apa. Sebab, pondasi rumah menjadi hal pertama yang dibuat dalam proses pembangunan rumah.

Lantas, seperti apa seperti apa kedalaman pondasi rumah 3 lantai? Scroll down untuk mengetahui penjelasan lengkapnya.

Pentingnya Pondasi Rumah

Seperti namanya, pondasi rumah sangat penting sebagai pondasi utama sebuah rumah. Adapun manfaat dari pondasi rumah itu sendiri adalah sebagai berikut:

1. Mempertahankan dan Menguatkan Masa Bangunan

Bangunan kuno yang masih berdiri hingga sekarang masih kuat dan awet sebab pondasinya yang kuat dan mampu menahan beban di atasnya.

Semen menjadi item yang dapat mempertahankan sebuah bangunan sehingga bangunan akan tetep kokoh meskipun terkena sinar matahari atau hujan deras.

2. Menjadi Komponen Utama Sebuah Bangunan

Pondasi menjadi komponen struktural bangunan yang mana dapat mempengaruhi masa bangunan. Hal ini bisa membuat bangunan runtuh apabila pondasi tersebut salah perhitungan matematisnya.

3. Tameng untuk Mencegah Pergeseran Bangunan

Pergeseran tanah bisa saja terjadi kapanpun, dan kita tidak tahu lokasi yang akan mengalami pergeseran. Oleh karena itu, dengan adanya pondasi rumah, kejadian pergeseran tanah dapat dihindari.

4. Penahan Apabila Terjadi Penyesuaian Bentuk Tanah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa, tanah merupakan kondisi alam yang dapat berubah-ubah keadaan dan strukturnya.

Sebab, terdapat gaya grafitasi dari pusat bumi yang mempengaruhi kondisi tersebut. Misalnya, tahun ini tanah mengalami penyusutan dan di kemudian hari berubah mengembung.

5. Pelindung dari Gangguan Unsur Kimiawi

Letaknya pondasi rumah yang paling dekat dengan tanah menjadikan bagian paling utama ketika terjadi perubahan pada alam (perubahan unsur kimiawi). Unsur tersebut biasa disebut sebagai zat organik dan anorganik.

6.  Membantu Menahan Pergerakan Air

Kejadian alam seperti banjir bisa saja terjadi di daerah tertentu, khususnya di dataran rendah. Karakteristik pondasi rumah bisa menjadi penahan air saat terjadi banjir.

Pertemuan antara besi dan asam juga dapat mengakibatkan karatan jika masa besi lebih negative dibandingkan dengan air. Besi yang mengalami karatan bisa mengurangi kekuatan dan masa pakainya.

Kedalaman Pondasi Rumah 3 Lantai yang Pas

Kedalaman Pondasi Rumah 3 Lantai yang Pas

Berapa kedalaman pondasi rumah 3 lantai yang ideal? Pertanyaan ini sering diajukan oleh seseorang yang hendak membangun rumah 3 lantai.

Beberapa orang sangat tertarik dengan membangun rumah 3 lantai karena hendak membuat tempat atau ruang khusus di lantai paling atas.

Biasanya juga karena alasan banyak penghuni rumah dan untuk membuatnya lebih leluasa dibangunlah 3 lantai pada rumah tersebut.

Terdapat satu hal utama yang wajib diperhatikan ketika ingin membangun rumah 3 lantai yaitu dengan memperkirakan kedalaman pondasi rumah 3 lantai dengan baik dan benar. Karena dengan menggali kedalaman pondasi rumah yang tepat, tidak akan membuat khawatir jika bangunan tersebut tidak bisa menahan beratnya bangunan tersebut.

Selain kedalaman pondasi rumah, Anda juga perlu memperhatikan jenis pondasi yang akan digunakan apakah menggunakan plat beton lajur, telapak, bored pile, sumuran, atau batu kali.

Namun, untuk kedalaman pondasi rumah untuk 3 lantai ini tidak ada ukuran yang paten. Pasalnya, semakin dalam kedalaman tersebut, maka semakin bagus pondasi tersebut.

Seringkali dalam praktiknya, ukuran kedalaman menggunakan ukuran 1 meter. Sedangkan di daerah tertentu disarankan pondasi rumah mencapai 5 hingga 8 meter.

Cara Mengukur Kedalaman Pondasi Rumah 3 Lantai

Sebelum mengaplikasikan kedalaman pondasi rumah, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti:

  • Melakukan survey terlebih dahulu yang berkaitan dengan hal-hal tanah mengenai keadaan dan kepadatan tanah pada tempat pembangunan.
    • Misalnya, saat tanah memiliki karakteristik yang keras, maka Anda perlu pondasi dalam yang ukuran kecil seperti jenis batu kali atau tapak.
    • Sedangkan untuk tanah yang memiliki karakteristik lunak perlu pondasi tiang pancang. Tujuannya agar dapat menopang bangunan dengan kuat, dan tahan lama.
  • Perhatikan dana yang ada apakah cukup untuk membuat bangunan 3 lantai.
  • Perhatikan pondasi cakar ayam yang akan diaplikasikan. Tujuannya untuk menahan beban berat bangunan sehingga dapat menghadirkan kenyamanan untuk penghuni rumah.
  • Perhatikan pembuatan tulangan besi cakar ayam sampai pada tahap pengecorannya. Jika membangun 3 lantai, maka Anda membutuhkan lapisan tanah keras.
  • Perhatikan jenis material yang akan digunakan, karena semakin berat material yang digunakan maka pondasi yang dibangun harus semakin kokoh.
  • Tentukan apakah Anda membutuhkan rangka besi besar dan ukuran pondasi setara dengan ukuran lahan yang akan dibangun. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan bagian pinggir saja.
  • Perlu diperhatikan, Anda perlu membuat pondasi bangunan yang tidak hanya menahan bangunan tetapi juga dapat bertahan ketika terjadi bencana alam seperti gempa.

Dapat diperhatikan bahwa cara mengukur kedalaman rumah 3 lantai, dapat menyesuaikan dengan keadaan tanah, dana pemilik rumah, beban bangunan, material bangunan yang berkualitasm dan ukuran lebarnya. Apabila material lebih ringan, Anda dapat membuat kedalaman yang lebih rendah.

Selain, menentukan kedalaman pondasi rumah, Anda diharuskan untuk menggunakan material yang mempunyai kualitas terbaik agar dapat menahan beban bangunan lebih baik.

Cara Mengukur Kedalaman Pondasi Rumah 3 Lantai

Untuk cara mengukur kedalaman pondasi rumah untuk 3 lantai Anda bisa ukur dengan meminta bantuan pada arsitektur. Hal ini harus disesuaikan dengan berapa luas sebuah bangunan.

Jadi Anda harus konsultasi dengan kontraktor atau arsitektur yang berpengalaman agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

Bagi Anda yang bingung dengan atap apa yang cocok untuk digunakan pada bangunan lantai 3. Kami rekomendasikan untuk menggunakan atap Grand Luxe.

Salah satu rekomendasi atap untuk rumah 3 lantai adalah Atap Grand Luxe. Anda dapat membuat sebuah ruangan kecil di atas rumah sebagai ruang santai menggunakan atap Grand Luxe.

Terdapat 3 variasi warna yaitu Merah, Hijau, dan Transparan.

Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Konsultasi mengenai ukuran dan ketebalan atap Grand Luxe untuk menyesuaikan dengan luas penutup rumah Anda dapat melalui tombol berikut ini.

Penutup

Itulah kedalaman pondasi rumah 3 lantai yang ideal dan cara ukurnya dengan tepat. Bagi Anda yang ingin membeli atap Grand Luxe bisa menghubungi nomor admin kami pada icon WhatsApp diatas ya.


Promo Atap Grand Luxe

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 TERBARU 

Inspirasi Warna Cat Pintu yang Bagus

Pintu merupakan salah satu elemen penting dalam rumah yang tidak hanya berfungsi sebagai akses keluar masuk, tetapi juga memberikan kesan pertama kepada tamu pengunjung. Pintu dengan desain yang menarik akan menambah tampilan rumah menjadi artistik dan menawan. Oleh...

read more
Pesan Atap Grand Sekarang!