Perbedaan Atap Seng dan Asbes, Pilih Mana?

Perbedaan Asbes Dan Seng

Penulis | Desi Tri Wulandari

4 July 2024

Perbedaan Asbes Dan Seng – Atap merupakan bagian penting dalam sebuah bangunan, yang berfungsi untuk melindungi penghuninya dari berbagai macam cuaca serta menjaga struktur bangunan.

Di antara berbagai pilihan material atap yang tersedia, asbes dan seng menjadi 2 jenis atap yang paling umum digunakan, terutama untuk bangunan rumah.

Meskipun sekilas tampak serupa, asbes dan seng memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal keunggulan dan karakteristiknya. Untuk itu, perlu memahami apa saja perbedaan asbes dan seng, dan mana yang lebih baik?

Setelah membahas atap bening gelombang, artikel ini akan membahas perbedaan asbes dan seng. Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasannya dibawah ini!

Perbedaan Asbes dan Seng

Ini Perbedaan Asbes dan Seng

Memilih material atap yang tepat merupakan keputusan penting saat membangun atau merenovasi rumah. Dua material yang kerap menjadi pilihan yaitu asbes dan seng. Berikut ini adalah perbedaan asbes dan seng yang wajib diketahui:

1. Asbes

Asbes merupakan sekelompok mineral alami yang tersusun dari serat tipis dan kuat yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi industri dan konstruksi, terutama sebagai bahan atap. Penggunaan atap ini cukup populer digunakan di Indonesia, karena memiliki banyak keunggulan di antaranya.

Kelebihan Atap Asbes

  • Material Ringan

Kelebihan peta dari asbes adalah memiliki bobot yang ringan. Hal ini tentu akan memberikan berbagai keuntungan. Selain mudah dipindahkan, proses pemasangan juga lebih mudah karena hanya memerlukan sedikit orang sehingga menghemat lebih banyak uang.

  • Instalasi Lebih Cepat dan Mudah

Selain bobotnya ringan, keunggulan asbes lainnya adalah proses pemasangan atau instalasi lebih cepat dan mudah. Bentuknya lembaran panjang yang ringan dengan tekstur halus dan berserat dapat memudahkan pemasangan. Karakteristik tersebut memudahkan proses pemasangan dibandingkan jenis atap lainnya.

  • Harganya Yang Murah

Harga yang lebih murah, menjadikan asbes yang paling populer yang digunakan masyarakat. Selain murah, asbes juga mudah didapatkan di toko–toko banguan.

  • Tahan Terhadap Cuaca Esktrem

Asbes memiliki kemampuan untuk menjaga suhu ruangan agar tetap stabil, sehingga rumah terasa lebih sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin. Sifat isolasi asbes yang baik membantu menjaga temperatur ruangan dan mengurangi kebutuhan energi untuk pendinginan dan pemanasan.

  • Tahan Api

Keunggulan asbes terakhir adalah tahan terhadap api. Asbes adalah material yang tahan api, sehingga dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap bahaya kebakaran.

Kekurangan Asbes

Selain kelebihan di atas, asbes juga memiliki kekurangan, di antaranya:

  • Bahaya Bagi Kesehatan

Di berbagai negara maju, telah melarang penggunaan asbes sebagai atap rumah karena terbukti bisa membahayakan kesehatan. Bahaya asbes menjadi perhatian yang cukup krusial apalagi serbuk–serbuk asbes yang tersebar dan jika terhirup bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan pernapasan, kanker, dan paru–paru.

  • Tidak bisa Digunakan Kembali

Setelah digunakan, limbah asbes sukar untuk didaur ulang atau diproses kembali, sehingga bisa menimbulkan masalah lingkungan jika tidak ditangani dengan tepat.

  • Rentan Terhadap Kerusakan

Meskipun asbes cukup tahan terhadap cuaca ekstrem, namun seiring waktu asbes bisa menjadi rapuh dan rentan terhadap keretakan atau pecah. Karena mudah pecah, asbes ini bisa dibilang kurang aman dari risiko kebobolan dari atas rumah.

  • Ukuran Atap yang Besar

Ukuran asbes yang besar, ,membuatnya harus disesuaikan dengan atap bangunan. Hal ini abses harus dipotong pada atap yang berukuran kecil sehingga tampilannya jadi terlihat kurang rapi.

  • Desain Kurang Menarik

Dari segi desain, atap ini bisa dikatakan kurang menarik sebagai atap rumah jika dibandingkan dengan genteng atau jenis atap lainnya. Selain ukurannya, atap ini juga memiliki warna menyerupai semen yang bisa membuat hunian terlihat monoton.

2. Seng

Seng merupakan salah satu material bangunan yang umum digunakan untuk atap rumah. Terbuat dari logam campuran yang mengandung besi, seng dan timbal. Seng juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib diketahui, yaitu

Kelebihan Seng

  • Anti Karat

Kelebihan pertama dari atap seng yang paling disukai adalah daya tahannya yang cukup tinggi dari pengkaratan. Tambahan logam jenis galvalum pada proses pembuatannya menghasilkan permukaan yang tidak mudah teroksidasi ketika terkena air saat hujan.

  • Mudah Instalasi

Sama seperti asbes, seng juga merupakan atap rumah yang mudah dan cepat pemasangannya. Cukup dengan menggunakan paku atau bor untuk menempelkannya pada kerangka kayu yang biasa digunakan sebagai pasangan terbaik untuk tipe material ini.

  • Ringan

Berbeda dengan bahan bangunan lain seperti asbes atau beton yang cukup berat.Jenis atap seng mempunyai bobot yang jauh lebih ringan. Sehingga tidak perlu khawatir jika kerangka dibawahya anjlok karena tidak mampu menahan beban.

  • Mudah Didapatkan

Seng sebagai salah satu jenis atap yang paling umum digunakan, membuat material ini mudah didapatkan di toko bahan bangunan. Di manapun tinggal, atap seng pasti selalu tersedia dalam berbagai ukuran dan harga yang cukup terjangkau, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan atap rumah.

Kekurangan Seng

  • Berisik

Kekurangan utama yang perlu diperhatikan jika menggunakan atap seng adalah sifat bahan logam yang mudah menimbulkan suara. Campuran seng sebagian besar terdiri dari logam berupa aluminum galvalum membuat benturan kecil seperti batu kerikil, hujan deras mengguyur akan menimbulkan suara berisik yang lumayan mengganggu.

  • Mudah Menyerap Panas

Atap seng yang terbuat dari logam memiliki sifat mudah menyerap panas dan menghantarkan panas. Mengingat, iklim tropis di Indonesia yang cukup panas, jadi bisa terbaang bertap pengap dan panasnya suhu di dalam rumah di kala siang hari.

Rekomendasi Asbes Terbaik Ramah Lingkungan

Rekomendasi Asbes Terbaik Ramah Lingkungan

Kini telah hadir Asbes Ultra Modern yang terbuat dari bahan plastic PET berkualitas ramah lingkungan. Diproduksi menggunakan teknologi khusus guna lebih aman bagi kesehatan.

Asbes Ultra Modern dibuat dengan teknologi ekstrusi sehingga bisa menciptakan produk yang lebih presisi. Selain itu, asbes ini dilengkapi dengan UV Protection Filter yang mampu menghalau sinar UV yang disebabkan oleh sinar matahari.

Dengan hadirnya inovasi terbaru ini, mejadikan rumah atau banguanna mnejdai nyaman dengan menguana Asbs Ultra Modern.

Untuk informasi pemesanan bisa langsung menghubungi call center di bawah ini :

Pesan Sekarang

Penutup

Itulah informasi mengenai perbedaan asbes dan seng yang bisa menambah wawasan bagi anda. Selalu gunakan asbes yang aman agar keluarga bisa terhindar dari penyakit berbahaya. Asbes aman bagi kesehatan, asbes ultra modern solusinya!


Promo Atap Grand Luxe

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 TERBARU 

Pesan Atap Grand Sekarang!