Wajib Tahu! Jenis Struktur Bangunan Sebelum Bangun Rumah

Jenis Struktur Bangunan – Apakah kamu semua sedang membangun hunian? Nah, tahukah kamu kalau mau membangun hunian tidak bisa sembarangan lho!

Karena butuh perhitungan yang tepat, perencanaan, serta pertimbangan yang sesuai agar menghindari kesalahan atau kerusakan.

Sebelum membangun rumah maupun bangunan tertentu, kamu perlu tahu dan mengenal lebih dalam mengenai jenis struktur bangunan.

Untuk penjelasannya akan diulas dengan lengkap melalui artikel ini. Jadi, simak terus biar dapat informasinya ya!

Apa Yang Dimaksud Jenis Struktur Bangunan Tinggi?

Jenis struktur bangunan merupakan variasi yang berbeda dari elemen-elemen utama sehingga membentuk struktur pada suatu bangunan.

Berbagai struktur tersebut memiliki fungsi, kekuatan, dan kestabilan yang diperlukan agar suatu bangunan tersebut bisa berfungsi sesuai tujuannya.

Struktur bangunan sendiri mencakup berbagai elemen dari bawah hingga atas. Setiap jenisnya punya peran khusus untuk menahan berbagai beban.

Jenis Struktur Bangunan Tinggi

Jenis Struktur Bangunan Tinggi Untuk Gedung

Banyak sekali tipe maupun jenis struktur bangunan yang bisa Anda gunakan sebelum membangun sebuah gedung. Tiap-tiap bangunan memiliki struktur yang berbeda-beda.

Hal ini dikarenakan masing-masing bangunan mempunyai struktur yang berbeda tergantung pada kebutuhan. Struktur bangunan rumah dengan struktur bangunan gedung juga nantinya akan berbeda. Nah untuk lebih jelasnya terkait jenis struktur bangunan, bisa Anda lihat artikel berikut ini.

Struktur Bagian Bawah Bangunan

Struktur bagian bawah ini merupakan elemen-elemen yang menjadi pondasi atau dasar dari suatu konstruksi. Hal ini termasuk bagian-bagian pendukung pada bawah permukaan tanah.

Beberapa jenis strukturnya pada bagian bawah yaitu:

Pondasi Cetak

Bagian ini biasanya dipakai pada gedung dengan struktur beton. Terdiri dari beton yang dicetak di lokasi konstruksi dan menyebar ke area yang lebih luas.

Pondasi Tiang Pancang

Jenis pondasi ini memakai tiang-tiang panjang yang ditanam ke dalam tanah hingga ke lapisan tanah yang kokoh untuk menopang beban. Cocok untuk tanah yang tidak stabil.

Bored Pile

Yaitu pondasi dalam yang dibuat dengan cara menggali lubang vertikal pada tanah dan kemudian mengisinya dengan beton.

Plat

Banyak orang mengenalnya dengan pondasi plat, merupakan jenis pondasi yang menyebar ke bawah seluruh permukaan gedung untuk meratakan beban secara keseluruhan

Footing

Bagian bawah dari sebuah kolom, tiang, maupun dinding yang dilebarkan untuk menyalurkan beban dengan rata.

Pada Bagian Tengah Bangunan

Sedangkan struktur pada bagian tengah merujuk pada elemen-elemen yang berperan untuk menopang beban dan memberi kestabilan pada bagian dalamnya.

Biasanya bagian ini letaknya antara lantai atau bagian vertikal. Berikut beberapa jenisnya:

Balok

Elemen horizontal yang berguna untuk menahan beban vertikal dan menyalurkannya ke kolom atau dinding. Biasanya balok dipakai antara lantai, atas jendela dan pintu, untuk menopang beban.

Kolom

Elemen vertikal yang fungsinya untuk menopang beban bangunan dari atas ke bawah. Biasanya terletak pada bagian tengah ruangan atau di sepanjang dinding untuk mendukung strukturnya.

Struktur Rangka (Frame)

Terdiri dari rangka yang terbuat dari bahan kayu, baja, maupun beton bertulang. Rangka ini memberikan kerangka utama suatu gedung dan menopang beban struktural.

Truss

Struktur ini terdiri dari segitiga dan dipakai untuk menopang atap atau memperkuat rangka pada gedung. Truss dinilai efisien untuk menyalurkan beban karena bentuk segitiganya.

Dinding Partisi

Dinding yang satu ini berfungsi untuk membagi ruang yang ada dalam rumah tersebut. Selain sebagai pembatas, dinding ini juga bisa berperan untuk menstabilkan dan menopang beban.

Struktur Atas Pada Bangunan

Untuk bagian atas pada gedung sendiri mencakup berbagai elemen yang berada di bagian paling atas atau atap. Berbagai elemen ini untuk memberikan dukungan dan perlindungan dari luar.

Beberapa jenis struktur atas pada bangunan yaitu:

Atap

Bagian ini merupakan yang paling atas pada suatu rumah maupun gedung yang berfungsi sebagai penutup dan perlindungan dari berbagai cuaca.

Atap bisa bervariasi dari yang melengkung, kubah, hingga yang datar bergantung dari desainnya seperti apa. Bagian satu ini perlu yang kuat dan tidak mudah bocor.

Atap Struktur Bangunan Tinggi

Rangka Atap

Agar atap bisa terbentuk dengan baik maka perlu elemen struktural berupa kerangka. Rangkanya ini bisa terbuat dari kayu, baja, maupun beton bertulang untuk memberi penyangga pada atap.

Ventilasi

Bagian dari struktur atap satu ini dirancang untuk memungkinkan sirkulasi udara yang ada pada suatu gedung bisa berputar dengan baik.

Sehingga bisa mengurangi kelembaban dan menjaga suhu yang ada di dalamnya.

Tungku Asap

Bagian ini biasanya menjadi pelengkap vertikal yang membawa asap dari dapur maupun perapian ke luar. Biasanya juga menonjol di atas atap untuk membuang asap agar udara pada suatu tempat bisa tetap bersih.

Penghalang Angin

Untuk yang satu ini biasanya terletak di atas atap. Gunanya untuk melindungi suatu gedung dari angin kencang. Biasanya bisa berupa tembok pendek atau panel.

Rekomendasi Struktur Bangunan Atap

Untuk urusan struktur paling atas, memang tidak bisa yang sembarangan pilih. Karena fungsi pentingnya untuk melindungi bangunan dari berbagai faktor luar yang memapar gedung.

Perlu pilih atap yang mereknya Grand Luxe, karena tidak hanya kuat dan kokoh saja tetapi juga bisa menahan segala cuaca ekstrim yang bisa memapar langsung ke dalam rumah atau gedung.

Rekomendasi Struktur Bangunan Atap

Ramah Lingkungan Dan Tahan Suhu Tinggi

Terbuat dari bahan yang ramah lingkungan yaitu botol plastik kemasan sekali pakai. Sehingga turut mendukung lingkungan yang berkelanjutan bebas dari sampah plastik.

Bahan atap Grand Luxe ini tahan terhadap panas matahari yang menyengat dan hujan badai. Menjadikan atap merek Grand Luxe ini cocok untuk kalian jadikan bagian penutup atas rumah maupun gedung.

Untuk bangunan komersial seperti kafe maupun restoran yang mengusung tema semi-outdoor, atap ini juga sangat cocok!

Penutup

Jadi, demikian artikel mengenai jenis struktur bangunan apa saja. Agar jika di kemudian hari kamu semua mau membangun atau memperbaiki rumah, bisa tahu komponennya apa saja!

Jangan lupa untuk pakai atap dari Grand Luxe untuk perlindungan bagian atas yang aman, tidak mudah bocor, dan ramah lingkungan!

Terima kasih sudah menyimak sampai akhir, semoga bermanfaat selalu!


Promo Atap Grand Luxe

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 TERBARU 

Inspirasi Warna Cat Pintu yang Bagus

Pintu merupakan salah satu elemen penting dalam rumah yang tidak hanya berfungsi sebagai akses keluar masuk, tetapi juga memberikan kesan pertama kepada tamu pengunjung. Pintu dengan desain yang menarik akan menambah tampilan rumah menjadi artistik dan menawan. Oleh...

read more
Pesan Atap Grand Sekarang!