Apa Itu Galvalum: Pengertian, Fungsi, dan Keunggulan

Apa Itu Galvalum

Penulis | Listiyo Nuraini

17 January 2024

Tidak banyak orang mengetahui istilah Galvalum. Pasalnya, Galvalum adalah singkatan dari Galvanis dan Alumunium. Namun, seiring berkembangnya zaman, jenis material Galvalum mulai diaplikasikan oleh masyarakat.

Galvalum sering kali digunakan di hunian minimalis dan modern sebagai penutup atap. Lantas, apa itu Galvalum? Scroll down untuk mengetahui penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Galvalum?

Apa Itu Galvalum

Galvalum adalah material yang memiliki bentuk lempengan besi baja ringan yang terbuat dari kombinasi bahan Alumunium, Silikon, dan Seng (Galvanis).

Terdapat proses pelapisan baja Galvanis (Baja yang telah dilapisi dengan Seng supaya tidak mengalami korosi) dengan lapisan Alumunium.

Komposisi material Galvalum adalah 55% Alumunium, 43,5% Seng, dan 1,5% Silikon. Lapisan yang diproses ini berfungsi untuk melindungi dari proses oksidasi yang kemungkinan akan terjadi.

Pasalnya, Galvalum sering digunakan sebagai elemen bangunan sebab kerap kali dianggap lebih awet dan ringan dibandingkan dengan material kayu.

Menariknya lagi, material Galvalum juga dapat diaplikasikan pada kanopi, struktur dinding, pagar, plafon, dan berbagai aplikasi lainnya.

Keunggulan Galvalum sebagai Atap

Keunggulan Galvalum sebagai Atap

Berikut ini adalah keunggulan atap Galvalum dibandingkan jenis atap lainnya:

1. Harga Lebih Ekonomis

Atap Galvalum adalah salah satu jenis atap dengan harga terjangkau jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya.

Meskipun begitu, kualitas atap Galvalum tidak perlu diragukan lagi. Dengan mengaplikasikan atap Galvalum bisa membuat hunian Anda lebih modern dengan biaya minim.

Sehingga Anda bisa menghemat biaya dan bisa memanfaatkan dana tersebut untuk kebutuhan lain.

2. Tahan Terhadap Korosi atau Aus

Berbeda dengan atap berbahan logam yang kemungkinan akan mengalami korosi, atap Galvalum tidak akan mengalami korosi meskipun digunakan dalam jangka panjang.

Adapun Galvalum telah dilengkapi lapisan Seng sehingga membuat atap ini tahan terhadap korosi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

3. Pembentukan Lebih Mudah

Atap Galvalum mudah dibentuk menyesuaikan dengan keinginan desain interior tersebut, sehingga bisa disesuaikan dengan berbagai macam bentuk atap modern.

Dengan adanya atap Galvalum pada rumah Anda, bisa menciptakan tampilan lebih estetis dan unik menyesuaikan dengan preferensi yang Anda miliki.

Kemampuan ini bisa membuat atap ini menjadi pilihan yang sangat fleksibel untuk berbagai jenis proyek yang dikerjakan oleh kontraktor.

4. Memiliki Lapisan Resin

Beberapa atap Galvalum kebanyakan dilengkapi dengan resin tambahan yang berfungsi sebagai pelindung atap dari berbagai cuaca ekstrem dan kerusakan dari sinar UV, hujan asam, atau jenis faktor lainnya yang bisa merusak kemampuan atap.

Dengan begitu, umur atap lebih tahan lama an awet dalam jangka waktu yang lama.

5. Tahan Terhadap Suhu Tinggi

Atap Galvalum tahan terhadap suhu tinggi, sehingga cocok diaplikasikan untuk wilayah dengan iklim panas. Tentu saja, hal ini cocok diaplikasikan di hunian Indonesia yang memiliki 2 musim yakn musim kemarau dan musim hujan.

Ketika sedang musim kemarau, Atap ini tidak menghantarkan panas dengan cepat sehingga mampu membuat suhu ruangan tetap. Sehingga Anda bisa menghemat pendingin ruangan seminimal mungkin.

Keunggulan utama ini bisa membuat suasana rumah lebih nyaman dan sejuk ketika terik matahari.

6. Kemampuan Memantulkan Panas

Tidak hanya tahan terhadap suhu tinggi, Atap Galvalum juga mempunyai kemampuan untuk memantulkan panas sehingga lebih efisien untuk mencegah suhu rumah tetap sejuk dan nyaman.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat energi listrik untuk pendingin ruangan.

7. Bersifat Non-Combustible

Atap Galvalum termasuk jenis atap yang memiliki karakteristik non-combustible sehingga keamanan lebih baik dibandingkan dengan atap yang mudah terbakar.

Maksud dari non-combustible adalah atap ini tidak akan memicu pembesaran api, dan tidak menyerap panas.

Jika terdapat kemungkinan hunian mengalami kecelakaan kebakaran, atap Galvalum tidak akan membuat api semakin membesar. Berbeda dengan atap kayu yang justru aka memicu air semakin besar.

Hal ini akan membuat hunian lebih aman daripada menggunakan struktur bangunan yang mudah terbakar.

Jika Anda mempertimbangkan keamanan untuk hunian Anda, atap Galvalum menjadi pilihan terbaik dibandingkan jenis atap lainnya.

8. Ramah Lingkungan

Atap Galvalum termasuk jenis atap yang dapat didaur ulang sehingga bisa mengurangi pencemaran limbah kontruksi.

Anda dapat memanfaatkan atap Galvalum yang sudah tidak terpakai menjadi produk baru. Misalnya, atap Galvalum tersebut Anda lelehkan dan gunakan untuk struktur bangunan material lainnya.

9. Tidak Memuai dan Menyusut

Meskipun terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, Atap Galvalum tidak akan memuai atau menyusut karena atap ini memiliki daya tahan yang lebih bagus.

Hal ini cocok untuk diaplikasikan di daerah yang panas seperti di daerah Indonesia.

Mana yang Lebih Bagus, Galvanis atau Galvalum?

Galvanis dan Galvalum ini merupakan material yang hampir mirip. Namun, terdapat perbedaan antara kedua jenis atap ini. Jadi, lebih bagus mana Galvanis atau Galvalum?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Galvalum adalah salah satu jenis Baja yang dicampur dengan Alumunium dan Seng. Sehingga kemampuan Galvalum untuk melindungi dari korosi lebih baik jika dibandingkan dengan Galvanis yang hanya dilapisi seng untuk perlindungan tersebut.

Pasalnya, atap Galvalum mempunyai reflektifitas termal yang lebih bagus dibandingkan dengan baja Galvanis, yang artinya bisa mengurangi biaya pendinginan pada iklim panas.

Bukan hanya itu saja, Galvalum juga lebih awet dan tahan lama jika diaplikasikan pada atap rumah atau kanopi. Sehingga Atap Galvalum lebih direkomendasikan dibandingkan dengan atap Galvanis.

Atap Galvalum Grand

Selain harganya yang ekonomis, kemampuan Galvanis terhadap suhu tinggi sangat baik dan paling penting atau bersifat non-combustible.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan bisa langsung menghubungi Official berikut:

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa itu Galvalum dan manfaatnya. Pasalnya, atap Galvalum lebih unggul dibandingkan dengan Galvanis karena terdapat lapisan tambahan Seng untuk membuat atap tersebut tahan terhadap korosi.


Promo Atap Grand Luxe

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 TERBARU 

Harga Atap Galvalum 6 Meter Termurah

Harga Atap Galvalum 6 Meter – Belakangan ini penggunaan atap galvalum menjadi lebih populer di masyarakat. Pasalnya, atap galvalum memiliki ketahanan yang tinggi terhadap korosi dan lebih awet.Material yang digunakan pun terbuat dari seng baja ringan dan lenih kedap...

read more

Harga Atap Rooftop Bening Terbaik 2024

Harga Atap Rooftop Bening - Memiliki rooftop yang cantik dan nyaman tentu menjadi dambaan banyak orang. Apalagi jika rooftop tersebut dilengkapi dengan atap bening yang modern dan elegan. Tapi, tahukah berapa harga atap rooftop bening terbaik di tahun 2024? Mari...

read more

Jual Atap Gelombang Bening Transparan Terbaik

Jual Atap Gelombang Bening - Sebagai bagian teratas untuk sebuah rumah atau bangunan, atap memiliki banyak gaya dan model. Setiap model ini akan menciptakan penambahan nilai desain tersendiri untuk bangunan tersebut. Misalnya atap gelombang bening transparan yang kini...

read more
Pesan Atap Grand Sekarang!